Selasa, 08 Oktober 2013

MORNING SICKNESS pada Trimester Pertama




MORNING SICKNESS

Pengertian =
Morning sickness merupakan pusing, mual dan muntah-muntah yang biasanya terjadi di pagi hingga siang hari. Pada beberapa wanita, morning sickness bahkan berlanjut hingga sepanjang hari. Morning sickness terjadi pada awal kehamilan. Biasanya muncul pada minggu ke 4 hingga berlanjut paling lama pada minggu ke 16.
Lama dan kadar beratnya morning sickness berbeda pada setiap wanita. Pada sebagian wanita hamil, morning sickness dapat begitu berat dan menggangu aktifitas.

Penyebab dan Pemicu Morning Sickness =
  • Rendahnya kadar gula dalam darah
kadar gula darah yang rendah merupakan akibat dari perut yang kosong karena tidak terisi makanan, sehingga memicu mual. Jadi ketika anda mengalami morning sickness konsumsilah makanan dalam jumlah yang kecil namun sering.
  • peningkatan serum hCG (human chorionic gonadotopin)
peningkatan serum hCG (human chorionic gonadotopin) dalam tubuh juga merupakan penyebab munculnya morning sickness. Setelah pelekatan embrio, tubuh akan memproduksi serum HCG dan akan terus meningkat hingga minggu ke 12. Itulah mengapa pada kebanyakan wanita, morning sickness akan menghilang setelah minggu ke-12.
  • Hormon esterogen yang meningkat
Hormon ekstrogen yang meningkat dapat memicu muntah pada wanita hamil dan perut yang tertekan akibat perubahan rahim yang membesar pun menjadi penyebab mual.
  • Progesteron (hormon kehamilan)
Progesteron (hormon kehamilan) membuat otot-otot menjadi lemas untuk memudahkan perlekatan embrio, hal ini akan berefek melambatnya kerja lambung dan pencernaan. Perlambatan kerja lambung ini mengakibatkan asam lambung berlebih karena tidak diimbangi pergerakan sistem pencernaan dalam mengangkut makanan. Berlebihnya asam lambung membuat anda ingin mual dan muntah.

Tindakan Yang Bisa Mengurangi Morning Sickness

Morning sickness memang tidak bisa dihilangkan atau disembuhkan, karena morning sickness merupakan hal yang alamaiah terjadi. Namun morning sicness dapat diatasi sehingga akan mengurangi keluhan pada penderita. Hal yang harus anda perhatikan ketika mengalami morning sickness adalah makanan. Jangan sampai anda tidak makan karena akan menganggu pertumbuhan janin anda.
            Selain memperhatikan makanan, anda juga harus menghindari pemicu morning sickness. Pada wanita yang mengalami morning sickness biasanya akan begitu sensitif terhadap bau-bau tajam. Objek baunya bisa beragam disetiap wanita. Namun pada umumnya - bau-bau menyegarkan seperti bau jeruk atau lemon dapat membuat lebih nyaman dan meringankan morning sickness.
- Berjalan meghirup udara segar dan terbuka dipagi hari juga dapat membantu.
- jika merasa mual, cobalah memakan permen asam yang dapat meningkatan produksi air liur.
- disarankan unttuk beristirahat dnegan penuh. istirahat penuh juga dapat membantu merinngankan morning sickness. namun harus ingat untuk bergerak sekali-kali supaya otot anda tidak kaku dan lemas.

Makanan yang Disarankan Untuk Mengurangi Gejala Morning Sickness
1.  Makan dengan porsi kecil.
gangguan dari morning sickness akan mempengaruhi pada asupan nutrisi sehingga jika dibiarkan akan mengganggu perkembangan janin, yang harus anda lakukan adalah dengan membuat  jadwal makan. Pada saat kehamilan usahakan makan dengan jumlah yang sedikit tetapi terjadwal sehingga pencernaan anda dapat menerimanya. Pilih makanan dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk memberikan manfaat lebih selama kandungan apalagi di trimester pertama untuk memperkuat janin anda.

3.  Menghindari makanan pedas dan berlemak.
Meskipun dirasa sudah membaik ketika siang hari bukan berarti anda dapat memberikan asupan makanan tanpa kontrol disiang hari. Makanan pedas dan berlemak selain menggangu pencernaan juga akan menggangu anda karena memicu morning sickness.Perbanyak minum air putih sehingga anda terhindar dari dehidrasi pada saat kehamilan.

2.  Bangun pagi dengan jeda istirahat terlebih dahulu.
Ketika anda bangun pagi jangan langsung beranjak dari tempat tidur ada baiknya anda melakukan beberapa menit untuk duduk dan bangun secara perlahan. Beberapa wanita yang sedang hamil melakukan cara mengatasi morning sickness dengan menyediakan beberapa biskuit sebelum beranjak di tempat tidurnya untuk mengurangi mual yang berlebih di pagi hari. Sehingga hal yang terbaik untuk anda yang tidak terbiasa dengan makanan langsung setelah bangun pagi adalah memberikan jeda istirahat terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar